Rabu, 14 September 2016

Trip Memancing Spot Kapal Pinisi Jepara Jawa Tengah

Kabupaten Jepara merupakan salah satu kota di Jawa Tengah, letaknya +- 70 km arah timur laut dari Kota Semarang, Jepara merupakan salah satu Kabupaten sentra penghasil ukir kayu yang sangat berkualitas, selain itu mempunyai garis pantai yang sangat panjang dan masih cukup banyak hasil dari kekayaan laut Jepara.Akses untuk menuju Jepara dari Kota Semarang cukup mudah, bisa dengan memakai bus kecil, motor dan mobil pribadi/ rental.

Semarang - Jepara











Awal Agustus 2016, "Ping, Ping, Ping" bunyi ping bbm dari temen saya yang biasa teman-teman panggil "Black Rock", beliau mengajak saya trip memancing ke Jepara. Dengan personil Mas Septian Kentung, Kek Pri, Mas Agung, Rinto "Kamplik, Mas "Black" dan saya sendiri sepakat hari Selasa tanggal 9 Agustus 2016 kami menentukan hari untuk memancing.

Pukul 01.00 Selasa dinihari kami berenam start dari Semarang, kurang lebih satu setengah jam kemudian kami sudah tiba di Kota Jepara, istirahat ngopi dan makan terlebih dahulu di daerah Pasar Kota Jepara.
Setelah adzan Subuh, dengan menggunakan Tekong/ tukang perahu Mbah Dul beserta 3 abk, kami berangkat menuju ke Spot Kapal Pinisi dengan jarak tempuh +- 2 jam dari garis pantai. Pukul 07.00, perahu tiba di spot Pinisi, setelah lepas jangkar, masing - masing mulai sibuk dengan gaya dan atraksi memancingnya hehe. Teknik yang kami gunakan yaitu full casting dengan umpan buatan berupa "spoon" yang terbuat dari alumunium/ besi yang dimodifikasi dengan stiker 3d mengkilat guna menarik perhatian ikan target terutama tengiri, barakuda dan sebagian ikan dasaran.
Dengan kedalaman air laut bervariasi 30-40 meter dan kondisi perairan saat itu cukup jelek, kondisi ombak yang lumayan memabukkan, angin yng cukup kencang serta air yg cukup keruh mempengaruhi visibilitas di dalam air.

Setelah menunggu selama 30 menit, dari buritan kapal terdengan suara "ngeeeeekk" akhirnya strike perolehan ikan dimulai dari Mas Agung, dengan peralatan pancing kelas medium, dalam waktu 10 menit  ikan ngangas dengan berat +- 4 kg berhasil landed. Kami pun makin bersemangat melempar spoon kami masing-masing. Mas Black pun sempat penasaran, sebanyak 3x beliau harus memasang umpan spoon yang baru karena putus kena tajamnya gigi ikan, Kek Pri pun bernasib sama harus putus dan mocel/ lepas.
Suasana pun sedikit memanas, Rinto "Kamplek" strike!!!! demikian pula saya sendiri strike, double strike, dalam waktu singkat ikan "begal" barakuda berhasil landed hampir bersamaan. Kembali mas Agung tidak mau kalah, setelah ngangas, kali ini landed ikan "begal" barakuda
Intensitas ikan yang makan sudah mulai berkurang, pukul 11.00 kami pindah ke spot simangkok yang berjarak +- 1 jam dari spot yang pertama, disini Kek Pri berhasil landed 3 ikan target berupa tengiri, saya sendiri dan mas Agung menambah perolehan ikan "Begal" barakuda, tidak jauh berbeda dengan spot pertama banyak umpan yang dimakan akan tetapi banyak pula yang mocel/ lepas dan bahkan putus terkena tajamnya gigi ikan. Pukul 13.00 siang karena kondisi angin dan ombak yang semakin kencang, kami pun memutuskan untuk kembali ke daratan mengingat keselamatan adalah yang paling utama.

Overall trip memancing kami di Jepara cukup memuaskan dan memuaskan dan di bulan September ini kemungkinan kami akan kembali melakukan trip lagi di Jepara dengan tekong dan spot yang sama.
Along Jayamahe Laut Indonesia.....

Umpan "Spoon" yang kami gunakan



Umpan "Spoon" yang kami gunakan


Hasil perolehan


Kek Pri sang Maestro dan Master

                                                                           Kiri ke Kanan - Black Rock - Kek Pri - Saya sendiri :-)


Mas Agung


Gagal Paham hahaha


Ikan Ngangas dan Tengiri


Rincian Biaya :
Bensin mobil Semarang - Jepara 150.000
Biaya Sewa Perahu 800.000
Estimasi makan & minum 1 team ( 6-7 orang) 200.000
Biaya lain-lain 100.000
Total biaya Rp. 1.250.000 dibagi 6-7 orang
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Mochammad Iksan
Designed by Blog Thiet Ke
Posts RSSComments RSS
Back to top