Senin, 15 Agustus 2016

Pulau Dobo Ibu kota Kepulauan Aru

Kota Dobo merupakan ibu kota dari Kepulauan Aru Maluku Tenggara dan terkenal sebagai penghasil mutiara berkualitas tinggi. Di Kota Dobo sudah mempunyai jaringan Internet, sekolah hingga SMA dan perguruan Tinggi.

Melanjutkan cerita perjalanan saya sebelumnya dari Kota Tual pada 19 April 2016, setelah melalui perjalan semalam dari Kota Tual menggunakan jalur laut dengan armada Inti Glory, saya tiba di Pelabuhan Dobo hari Rabu 20 April 2016 pukul 07.00 WIT, di Kota Dobo saya menginap di Hotel Leo yang terletak dekat dengan Pelabuhan Dobo dan bertarif satu malam Rp. 250.000 dengan 2 tempat tidur.

Kota Dobo merupakan sebuah Pulau

Dermaga Pelabuhan Dobo

Rumah Sakit apung Dr. Lie Dharmawan Dobo

Sesampainya di Hotel Leo, saya segera mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengurus semua kewajiban yang harus segera saya selesaikan, disini saya tinggal 4 hari 3 malam, sengaja agak lama karena Dobo saya jadikan "basecamp" untuk melakukan perjalanan lagi ke Desa Popjetur dan Desa Batugoyang Kepulauan Aru mengingat di desa tersebut tidak ada penginapan.

Rabu siang 20 April setelah menyelesaikan semua kewajiban saya, segera saya mengeksplor sedikit apa yang bisa saya ketahui tentang Kota Dobo. hhhmmm menurut saya tidak ada yang bisa saya eksplor disini karena Dobo hanya sebuah pulau kecil saja yang sudah ramai penduduknya mungkin hanya beberapa foto saja yang bisa saya perlihatkan tentang kota Dobo.
Esok paginya hari Kamis saya habiskan waktu dengan memancing di salah satu sungai yang dekat dengan Dermaga Pertamina Dobo

Spot memancing sungai Dobo

Hari Jumat sebenarnya saya pergi ke Pulau Aru Selatan guna mengunjungi Desa Popjetur dan Batu Goyang, tapi akan saya tulis di lain kesempatan saja. Setelah melakukan perjalanan yang menegangkan di Kepulauan Aru, saya kembali di Kota Dobo dan segera mencari info untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Marsela (Blok Migas yang menjadi pembicaraan hangat di Indonesia). Sabtu pagi 22 April saya bergegas menuju ke Pelabuhan Dobo guna mencari informasi keberangkatan kapal ke Pulau Marsela, setelah bertanya-tanya ke orang kapal, akhirnya saya diarahkan untuk terlebih dahulu naik Kapal Feri kembali menuju Kota Tual, karena di Dobo, kapal yang langsung ke Pulau Marsela dari Dobo akan ada lagi pada hari Rabu, cukup lama menunggu, saya pun ikut Kapal Feri pada Sabtu sore.
Karena penumpang full, saya tidak memesan kamar ABK sehingga di Kapal Feri Lobster, saya tidur berbaur dengan penumpang kelas ekonomi, dengan beralaskan matras seadanya.

Dermaga Pelabuhan Dobo

Diatas Kapal Feri Lobster

Diatas Kapal Feri Lobster (Kru Kapal)

Suasana penumpang Kapal Feri Lobster

Suasana Kapal Feri Lobster

Sabtu pukul 16.00 saya meninggalkan Pulau Dobo untuk menuju kembali ke Kota Tual menggunakan armada Kapal Feri Lobster, kapal ini 2 hari sekali bolak balik Tual Dobo kalau tidak salah dan banyak transportasi laut dari Tual - Dobo dan sebaliknya.
Alhamdulillah perjalanan malam itu lancar, laut cukup teduh cuaca sangat bersahabat. Esok paginya hari Minggu subuh saya sudah tiba di Tual dan segera mencari kapal guna menuju ke Pulau Marsela......